Selasa, 31 Desember 2013

Liebster Blog Award


Semalam di mention mbak Ren untuk ikutan event ini, Liebster Blog Award. Menurut info yang aku dapat dari postingan mbak Ren, event ini digagas oleh Brigida, salah satu member BBI juga, dan aku belum kenalan sama Brigida uhuhuh. :'( *member nggak tahu malu* Tapi biarin deh, lewat Liebster Blog Award ini bisa kali yak kenalannya? *eh* Anyway, makasih Brigida yang udah ngadain event ini, dan makasih juga untuk mbak Ren yang udah ngajak aku berpartisipasi. :)))

Rules dari event ini, kita yang ditunjuk harus menjawab 10 pertanyaan yang diajukan oleh si penunjuk (aku menjawab pertanyaan yang dikasih mbak Ren), nantinya kita juga akan menunjuk 10 orang untuk menjawab pertanyaan yang kita buat. Nggak lupa juga kita menyebutkan beberapa random facts tentang diri kita sendiri.

TEN QUESTIONS (WITH MY ANSWERS, OF COURSE) FROM REN'S LITTLE CORNER
1. Buku apa yang lagi kamu baca sekarang?
Point of Retreat-nya Colleen Hoover. Udah berminggu-minggu baca buku ini, tapi selalu ditempong sama buku lain, padahal tinggal dikit lagi. :p Oh ya, aku juga lagi baca Unfriend You-nya Diah Rinni (nah kan, mau nempong Point of Retreat lagi). 
2. Seberapa penting cover buku untukmu?
Dari sepuluh pertanyaan yang diajukan mbak Ren, pertanyaan ini yang paling bikin aku bingung. -_- I'm one of those people who judge a book from its cover. Dibilang penting, iya. Tapi dibilang nggak penting, iya juga. 'Dibilang penting' contohnya begini: misal aku mau beli buku impor, yang paling dulu kulihat ya edisi buku dengan cover yang aku ingini itu ada atau nggak. Dan kalau ketemu buku dengan cover yang aku pengin, lihat harganya dulu. Kalau mahal ya nanti aja tunggu ada yang murah, pokoknya HARUS cover itu! 'Dibilang nggak penting' contohnya begini: orang pada bilang kalau itu buku BAGUS dan rasanya sebagai pecinta buku wajib baca buku yang satu itu, kalau nggak baca, nanti dosa. (?) Kalau aku udah tergoda rayuan yang begini, aku langsung beli buku itu, meskipun cover-nya bikin pengin nendang orang. -,- 
3. Sebutin dong buku termurah yang kamu beli tahun ini?
Eiffel, Tolong!-nya Clio Freya, The Lost Boy-nya Dave Pelzer, dan The Tiger Rising-nya Kate DiCamillo. Ini sebagian dari hasil book-war Vixxio dan masing-masing harganya 10ribu. x) 
4. Ikutan reading challenge tahun ini? Ada berapa challenge yang kamu ikuti?
Ada 5 reading challenge yang aku ikuti: Hotter Potter, What's in a Name Challenge, TBR Pile Reading Challenge, Fantasy Reading Challenge, dan Read Big. Semuanya alhamdulilllah accomplished! Yeay! 
5. Buku apa yang menurutmu terjemahannya ngga banget?
The Tales of Terror and Detection-nya Edgar Allan Poe. Mau nangis saking pusing baca terjemahannyaaaa. :'(


6. Lebih suka nunggu versi terjemahan atau langsung baca versi originalnya?
Tergantung. Kalau genre-nya Young-Adult atau Contemporary, aku masih sanggup baca versi originalnya. Nah, kalau genre-nya Historical Fiction atau Fantasy atau Dystopia, aku lebih milih baca terjemahannya. Soalnya terkadang di genre itu ada istilah yang nggak aku ketahui. Daripada tersesat pas baca versi original, mending nunggu terjemahannya aja deh. :p 
7. Sukaan sudut pandang orang pertama atau orang ketiga?
Sudut pandang orang pertama, biar bisa nyusup ke pikiran mereka.. *horor* (?) 
8. Romance atau fantasy?
Fantasy yang ada Romance-nya. *lah?* Ahahahah. x) 
9. Siapa nama tokoh dari novel fiksi yang paling kamu sukai tahun ini?
Ada tiga tokoh, dan tiga-tiganya cewek: Vida Winter (The Thirteenth Tale), Hazel Grace (The Fault in Our Stars), dan Tris Prior (Divergent Series). Hidup cewek!!! Teruskan emansipasi wanita!!!!! *mabok*
10. Dan siapa juga nama tokoh yang kamu paling ngga suka?
Arrrrghhhhh... pasangan The Twits! Untuk info lebih lanjut, feel free reading this post.


**additional 10 questions from Book Admirer (added on January 7, 2014)**
Ihihih, kemarin aku kena tag Zelie di Twitter lho. Aku malah seneng kena tag, soalnya emang lagi nggak ada kerjaan selain seharian duduk di depan teve nyetel borongan DVD yang belum ditonton bertahun-tahun. :p Well, berikut 10 pertanyaan dari Zelie beserta jawabanku. :)
1. Apa faktor utama yang membuat kamu ingin membeli sebuah buku?
Sinopsis, itu yang pertama. Kalau aku tertarik sama sinopsisnya, biasanya langsung interested buat baca tuh buku. Selain sinopsis, kadang kepopuleran buku itu. Kalau lagi diomongin disana-sini, biasanya aku penasaran pengin baca juga. Sampul itu faktor yang terakhir. *yakin?* :p 
2. Apa kamu punya budget tertentu untuk belanja buku?
Dulu punya, aku jatahin sebulan 200rb. Tapi sekarang entah kenapa budget-nya jadi berantakan (baca: lebih dari 200, maling uang jajan sehari-hari). :((( 
3. Apa judul buku yang pertama kali bikin kamu susah lupa?
The Thirteenth Tale oleh Diane Setterfield. Masih deh ya buku ini jadi andalan. :D 
4. Siapa tokoh dalam sebuah buku yang menurut kamu, sangat mirip dengan kamu?
Sejauh ini belum nemu. Aku spesies langka sih.. *eh* 
5. Kapan waktu yang paling tepat untuk membaca buku?
Kapan aja asal mood lagi baik, nggak ada tugas kuliah, juga asal ada camilan dan anything coffee sachet-an. x) 
6. Apa alasan kamu pengen bikin blog buku?
Awalnya cuman iseng: "kayaknya asyik nih buat review, lagian aku juga suka baca", juga pengin meningkatkan kemampuan menulis (meskipun aku juga nggak bisa nilai ini kemampuan nulisku udah meningkat atau belum, kayaknya masih sama aja deh). Sekarang blog buku malah jadi rumah keduaku, tempat dimana aku bisa bebas ngutak-atik tampilan (meski tampilan yang sekarang belum diganti-ganti) dan bebas menulis apa yang aku rasakan setelah membaca sebuah buku (meski review yang aku buat molor terus). :D 
7. Apa faktor yang bikin kamu sebel banget sama buku yang kamu baca?
Bahasa yang bertele-telenya keterlaluan dan tokoh utama yang malesin. ._.
8. Kasih tau dong, alasan kamu pake judul blog kamu sekarang :D
Itu judulnya asal jadi doang sebenernya. Aku suka baca, aku juga suka sama penyanyi David Archuleta (sampai sekarang he's still THE ONE *eaaaa). Makanya aku gabung aja jadi Reading with Archuleta, sekalian kayak mantra. Kali aja suatu hari nanti aku beneran bakal baca buku berhari-hari sama David Archuleta di perpustakaan dan sofa yang sama. *eh* 
9. Berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk review sebuah buku?
Tergantung mood. Biasanya kalau mood lagi bagus dan nggak lagi malas, satu jam pun siap (ini paling cepet lho) terhitung dari selesai baca buku. Paling lama ya bisa berbulan-bulan, dan nggak jarang ujung-ujungnya malah nggak jadi buat review buku yang tertunda itu. -_- 
10. Pernah ketemu pengarang idola kamu? Ceritain dong, kalau udah.. Kalau belum, pengen tanya apa aja
Belum pernah. Tapi kalau nanti ketemu Veronica Roth, Suzanne Collins, atau J.K. Rowling, aku pengin nanya: "bisa nggak buat buku serial dimana aku jadi hero-nya?" *krik-krik* *dijitak rame-rame*

**end of additional questions**

TEN RANDOM FACTS ABOUT ME
1. Suka cengar-cengir sendiri pas nggak sengaja keinget adegan lucu dari buku/film atau malah adegan nyata.
2. Sering nangis tapi nggak tahu sebabnya apa. Jadi pas nangis itu bingung sendiri.
3. Punya banyak drafts novel yang tak kunjung selesai...
4. Sering ngomong sendiri. (Ini seru lho! Coba aja deh!)
5. Kalau di rumah nggak ada orang, jiwa artisnya kambuh: kadang berlagak acting atau malah sibuk rekaman. Sekali-sekali ngintip jendela kalau-kalau ada tetangga lewat. (Aku masih punya malu!)
6. Lebih sering jalan ke mall sendirian... *ayo, mana suara biolanya?*
7. Hobi: browsing gambar makanan dan cowok idaman (baca: David Archuleta, Siwon SUJU, Blake Jenner, Key SHINee, Yoochun, blablabla banyak bangeeet).
8. Lebih mudah deket sama orang yang dikenal dari media daripada orang di dunia nyata. (Ini nggak bagus sebenernya!)
9. Gengsian.
10. Banyak makan! Nggak pernah olahraga! :))

--------------------------------------------------------------------------

That's all about me, ini rahasia kita ya! x)

Nah, 10 blogger yang aku nominasikan adalah:
  1. Tammy @ Tea Time and Books
  2. Stefanie @ Bookie-Looker
  3. Ziyya @ Faraziyya's Bookshelf
  4. Tezar @ Membaca Buku
  5. Opan @ Kandang Baca
  6. Citra @ Fiction Book Review
  7. Aul @ The Black in the Book
  8. Ratri @ Awesome Nerd
  9. Tirta @ I Prefer Reading
  10. Cynthia @ Let's Read Between the Pages

Dan ini 10 pertanyaan dariku yang harus kalian jawab:
  1. Sebutkan buku (boleh lebih dari satu) yang bikin kamu susah move-on di tahun 2013!
  2. Penulis yang selalu kamu tunggu karya-karyanya, yang bukunya langsung kamu beli (nggak peduli mau bagus atau nggak nantinya)?
  3. Sebutkan buku (boleh lebih dari satu) yang bikin kamu kecewa, padahal tadinya kamu kira buku itu akan luar biasa!
  4. Historical Romance atau New-Adult?
  5. Pas baca buku serial, pilih mana: nunggu sampai buku terakhir terbit dan punya dulu baru mulai baca atau langsung baca meskipun serinya belum lengkap?
  6. Film adaptasi yang menurutmu sama kerennya atau lebih keren daripada bukunya?
  7. Film adaptasi yang mengecewakan?
  8. Suka baca genre horor? Kalau iya, sebutin buku yang berhasil buat kamu ketakutan dan nggak berani ke kamar mandi sendiri.
  9. Buku yang paling kalian tunggu-tunggu rilisnya?
  10. Buku (boleh lebih dari satu) yang mendeskripsikan kamu!

Selamat menjawab! Have fun! :)))

2 komentar:

  1. Aku juga punya banyak draft novel yang ga selesai2 :))) *toss*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan2 bisa kali ya kita buat tantangan ngerjain draft novel sampai kelar.. :p

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...