Rabu, 31 Desember 2014

Bookish Rewind 2014

source image from Tumblr (tapi lupa link-nya) :p

Pengen buat wrap-up, tapi entah apa yang mau di-wrap-up, karena reading progress-ku tahun ini sungguh menyedihkan pemirsah! ;_; Doakan saja mulai besok aku bisa balas dendam! Sedikit demi sedikit menghabiskan timbunan, maksudnya.

Berhubung ini akhir tahun, nggak sopan banget kalau aku tinggalin tanpa postingan penutup. Jadi.. biarlah Bookish Youtube Rewind ini menjadi album memori kita selama setahun ini, sayang. *peluk para pembaca kalau pun ada satu-satu* (?)

Bookish Youtube Rewind sebenernya cuman postingan abal-abal yang aku buat untuk mengganti wrap-up, karena isinya bukan murni wrap-up, tapi juga digado-gadoin sama buku-ter-ini, cover-ter-itu (iyaaaaa.. sejenis book-kaleidoscope karena aku ndak sempet ikutan kemaren-kemaren.. ;_;), dan sedikit banyak babbling tentang resolusi di tahun 2015 nanti. Intinya postingan ini akan sedikit banyak panjang, juga malu-maluin karena nggak tuntasnya reading challenge yang aku ikuti. Tapi tetep dipublish karena Linda kayaknya udah ndak punya rasa malu lagi. :')

 books i read and reviewed in 2014 

source: here
Tahun ini aku menargetkan baca 25 buku di Goodreads Challenge. Iya, dikit banget! Pas pertama nargetin segitu aku juga ngerasa itu kedikitan, tapi tetep aja nggak kutambah, karena aku ada firasat tahun ini nggak bakal banyak baca dan aktif di blog seperti tahun kemarin. Yah yaudalah.. segitu aja dulu. Kalo ternyata complete pas pertengahan tahun, ya TAMBAH! Kalo pas-pas-an seperti kenyataan yang ada ini... yah, yaaaaaa sudahlah, masih ada tahun depan! :')

25 buku yang aku baca tahun ini nggak sepenuhnya novel, beberapa komik. Teman-teman bisa lihat daftar buku yang aku baca di tahun 2014 di link ini.

Aku juga mengikuti Lucky No. 14 Reading Challenge yang di-host oleh Mbak Astrid, salah satu challenge yang cukup unik dan sebenernya nggak terlalu mengikat karena nggak wajib buat review. Tapi emang dasarnya aku terlalu malas dan kebanyakan tugas dan lebih banyak ngomelnya daripada langsung baca dan terlalu meremehkan dengan bilang ah-mudahlah-nuntasin-challenge-ini, ujung-ujungnya aku gagal menuntaskan challenge ini. Selamat ya, Linda, karena kamu hanya berhasil menuntaskan 6 dari 16 buku. :')

Tahun ini aku juga jarang nulis review. Hanya beberapa buku yang bener-bener aku buat reviewnya di blog, selain itu cuman aku tulis secara singkat di Goodreads. Ada beberapa buku yang udah mau dibuat reviewnya tapi malah nggak jadi karena selang waktu selesai-baca dan waktu ada-mood-nulis-review terlalu jauh... aku lupa apa-apa aja yang mau aku review. :')

Buku-buku yang aku review tahun ini adalah:
  1. A Match Made in High School by Kristin Walker (Januari)
  2. The Ocean At the End of the Lane by Neil Gaiman (Januari)
  3. Sepeda Merah Vol #1, Vol #2 by Kim Dong Hwa (Januari); omong-omong ini reviewku yang paling kusuka tahun ini. Mungkin karena bukunya hadiah dari sang Santa. Mungkin juga karena bukunya masih ninggalin perasaan hangat sampe sekarang. :)))
  4. The Last 2% by Kim Rang (Februari)
  5. A Midsummer's Nightmare by Kody Keplinger (Maret)
  6. Rumah Kopi Singa Tertawa by Yusi Avianto Pareanom (Mei)
  7. Cheer Boy!! by Asai Ryo (Mei)
  8. Call Me Miss J! by Orizuka (Juni)
  9. Girls in the Dark by Akiyoshi Rikako (Juni)
  10. Dilan! Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 by Pidi Baiq (Agustus)
  11. Life on the Refrigerator Door by Alice Kuipers (Oktober)
  12. Hanya Kamu yang Tahu Berapa Lama Lagi Aku Harus Menunggu by Norman E. Pasaribu (November)
  13. Hold Fast by Blue Balliett (Desember)

Iya, cuman buat 13 review, sedangkan aku menargetkan 45 review di Review Challenge-nya BBI. Otomatis gagal! *nangis* Ah, ndak-pa-pa, masih ada besok tahun depan! :p

***

 (kind of) book kaleidoscope 2014 

Karena aku nggak banyak baca buku di tahun 2014, aku nggak punya kesulitan memilih favorit. Kategori kaleidoscope-nya juga nggak banyak-banyak, cuman most favorite books, book-boyfriends, sama best covers, itu pun masing-masing cuman aku pilih dua, ya karena ntar kalo kebanyakan postingan ini bakal kepanjangaaaan dan pilihan yang aku punya cuman sedikit. :')

MOST FAVORITE BOOKS 2014
A Wrinkle in Time by Madeleine L'Engle; salah satu buku yang bikin sesak nafas, salah satu buku fantasi anak yang kurang cocok kalau dibilang untuk anak-anak (yaaa.. karena ada teori tesseract yang kemungkinan besar bikin pusing anak SD).
Girls in the Dark by Akiyoshi Rikako; buku ini KEREN! Pokoknya baca! :)

BEST BOOK-BOYFRIENDS 2014
Edvan from Bangkok: The Journal. Kalau Edvan yang begini nyata, aku nggak akan nolak kalau dia ngelamar sekarang. *becandaanmu lebay Lin lebaaaaay*
Dilan from Dilan! Dia Adalah Dilanku Tahun 1990. Dilan ini cowok anti-mainstream dan cowok paling ter-ah-elo-bisa-aja-deh-Lan! yang pernah aku kenal.

BEST BOOK COVER 2014
Eleanor & Park by Rainbow Rowell. Iya, covernya manis sekali pemirsa! 
Blue Romance by Sheva. Ada buku, ada kopi dengan uapnya yang harum, plus foto yang digantungin gitu.. gimana aku nggak jatuh cinta, coba?! :3

***

 bookish goals for 2015 

source: here
"Lin, kenapa gambarnya ada makanannya? Kan nggak nyambung sama judul.."
"Nyambung kok! Resolusi aku tahun 2015 nanti lebih banyak baca buku, lebih sering minum kopi, dan lebih banyak makan. Gitu.."

Nggak, guys, yang barusan nggak bener, dan yang barusan itu emang nggak lucu, melempem. -_-

Ngomongin resolusi itu sebelas-duabelas sama curcol. Ngomongin resolusi itu menggambarkan ratapan manusia yang nggak jalan kemana-mana pas tahun baru. Dan sesungguhnya, delapan puluh persen dari resolusi yang dibuat adalah hoax. Karena aku begitu... resolusi dibuat untuk dicueki. *lalu Linda dilemparin kembang api*

Kali ini aku gayanya mau serius bikin resolusi, terutama resolusi baca dan review buku. Jujur aja menjelang 2014 kemarin aku nggak bikin resolusi yang berhubungan sama buku, bahkan aku nggak nulis daftar timbunan yang harus dibaca. Lihat, kan? Jadinya berantakan. Now I've made the list! Hopefully I can read those listed books, supaya buku yang udah dibeli nggak bersedih berduka di dalam rak bertahun-tahun lamanya.

These are my bookish goals for 2015:
  1. Naikin target di Goodreads Reading Challenge 2015 jadi sebanyak 50 buku. No! Aku belum berani nambah sampai 75 buku atau 100 dengan kondisi masih-skripsi. :)
  2. Prioritas baca buku yang lama di timbunan dulu. Look at the huuuge list that you've made, Lin!
  3. Nggak boleh belanja buku lebih dari 150ribu sebulan! Timbunan di rumah woy! Tapi kalo ada diskon gede-gedean gimana woy!
  4. Usahain langsung bikin review pas selesai baca! Jangan males, ntar ujung-ujungnya malah nggak dibuat sama sekali!

Kalian gimana? Udah bikin goals untuk tahun depan? Ready to start the newwwwww yeaaaaaar? Ready nggak ready ya harus ready! I wish all the best, the kindest, and the most amazing things will happen to all of us in 2015. :)))

HAPPY NEW YEAR!!!
▶ This is the New Year by Glee Cast ▶

10 komentar:

  1. semoga taun depan goal/resolusinya tercapai yaaa :DD wish you the best for 2015 too! Happy new yearr ;**

    BalasHapus
    Balasan
    1. Happy new year too, Stef!
      Semoga resolusimu utk tahun 2015 juga tercapai. ^^

      Hapus
  2. Nggak apa jumlahnya dikit, Lin, asal mbacanya menyenangkan ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih Vin.. tahun kmrn aku banyak baca/nemu buku bagus :3
      *bahagia*

      Hapus
  3. poin 3 & 4 itu susaaahhh buat direalisasikan. semoga timbunannya berkurang kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya susaaaaah!! Apa aku ubah aja yaaa.. #woylin xD

      Hapus
  4. Biasanya malah kalau skripsi itu banyak bacanya Lin, aku dulu gitu :) (dan ga lulus2 =)) )

    BalasHapus
  5. Semangat, Linda! Sukses dengan target reading challenge dan skripsinya :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...