Sabtu, 11 Mei 2013

[REVIEW] Seoul Cinderella

Judul: Seoul Cinderella
Penulis: Lia Indra Andriana
Penerbit: Penerbit Haru
Tahun: 2012
Halaman: 221
ISBN: 978-602-98325-8-7
I rate it 2/5 stars

Let me say that.. aku jarang banget ngasih rating 2 atau 1. Terus ini kenapa malah ngasih dua? Sebenernya malah mau ngasih satu. -_- Ampuni aku Mbak Lia Indra.. Aku jelasin secara singkat aja ya sinopsisnya, soalnya udah rada lupa. Hehehe maklum bacanya udah sebulanan lebih.

Jadi ceritanya ada cewek Indonesia bernama Nia yang menjadi TKW di Korea Selatan. Dia mengadu nasib di negara itu karena dia nggak punya keluarga lagi di Indonesia kecuali ibu tirinya. Alasan kenapa dia ‘menjauh’ dari ibu tirinya inilah yang menjadi masalah Nia. Oh, ada satu lagi masalah Nia sebagai TKW ini, dia nggak bisa masak..

Ada pula cowok Korea bernama Hyun Jun (BUKAN HYUN BIN, aduuh.. ini pikirannya bisa fokus ga sih?). Cowok sukses yang sampai sekarang belum juga nikah-nikah. Pertemuannya dengan Nia menurutku ‘maksa’ banget. Bukan ‘kebetulan’, tapi ‘maksa’. Hyun Bin ini.. eh maksudnya Hyun Jun ini adalah majikan Nia, tepatnya adik majikannya Nia.

Trus apa lagi ya? Umm..

Langsung aja ke review deh. Aku tahu yang namanya kisah berlatarkan Korea temanya itu-itu aja. Udah ketebak akhirnya bagaimana, yang ini sama siapa, yang jahat yang mana, yang jadi pangeran yang mana, yang jadi damsel in distress juga udah ketahuan dari awal. Lucunya dari dulu aku nggak bosen-bosen ngikutin drama Korea karena tiap cerita punya ‘rasa’ tersendiri. (Apalagi kalau nonton konsernya SuJu, itu ‘rasa’ luar biasa banget! #ItuKonserBukanDrama #SalahFokus)

Aku juga berharap demikian terhadap buku ini. Tapi akhirnya.. nggak pernah nyangka bakal ngasih rating 2/5 doang. Padahal ini karya Lia Indra Andriana, lho.

Dari awal aku udah nggak suka sama tokoh utama, Nia. Dia pembantu. Okelah tiap orang butuh jalan-jalan. Apalagi ini pertama kalinya dia di Korea. Iya, Korea gituloh, aku juga mau jalan-jalan ke sana. Dan okelah juga dia pembantu.. dan butuh jalan-jalan. Tapi, kenapa jalan-jalannya harus pas majikan lagi pergi? Seolah-olah dia mau melalaikan kerjaan rumah selagi majikan pergi. Pikiranku ke Nia udah jelek nih..

Dan lagi.. tiba-tiba emosinya naik gitu aja tanpa alasan yang jelas (yah.. meskipun belakangan aku tahu penyebab dia kesel itu apa). Penyelesaiannya? Dengan minum soju sampai mabuk. Aku aja kalo stress nggak gitu-gitu amat. Palingan minum baygon satu botol. *ini bohong*

Sikap Nia yang paling ampuh bikin aku gemes sambil gigitin jari Shiwon itu ya perpindahan emosinya, jalan pikirannya. Sebentar-bentar ngambek, trus normal lagi. Sebentar-sebentar sok nggak mau nyeritain masalah ke orang lain, trus entah habis jedotin kepala ke tembok atau ngapain tiba-tiba dia ‘nyembur’ gitu aja. Nyeritain masalahnya habis-habisan..

Okay, Nia, you’re so plin-plan dan aku paling nggak suka sama orang yang nggak punya pendirian gitu (emangnya kamu punya pendirian, Lin?).

Satu lagi si Hyun Jun. Cowok pecinta Cinderella. Punya buku Cinderella dalam berbagai versi. It doesn’t matter. Yang bikin aku garuk-garuk kepala itu pas Hyun Jun berdialog Cinderella di kepalanya dengan kalimat yang oh so keju. Dan lagi, seenak jidat dia mengkambing hitamkan Nia sebagai pencopet, terus hari berikutnya bilang ke orang kalau Nia itu pacarnya. Memangnya Nia itu apa?! -_-

Nggak habis pikir sama Yu Hwa yang ngotot bener pengin adiknya cepet nikah. Sama siapa pun jadi asalkan Hyun Jun nikah. Padahal Hyun Jun nya sendiri santai aja, masa bodoh sama nikah. Sabar dikit dong qaqaaa’..

Lalu kenapa aku bertahan baca buku ini? Ya karena buku ini ceritanya ngalir. Gaya penulisannya khas Mbak Lia banget, enak dibaca. Yah meskipun kali ini agak kurang sreg sama tokoh-tokohnya. Setidaknya joke ringan yang dilontarkan Mbak Lia di beberapa bagian nggak garing. Malah kebablasan senyum-senyum sendiri di bis. Buku ini not bad lah.. Lumayan jadi hiburan. I won’t recommend this for you. Tapi kalau mau baca juga gapapa. Sometimes we need a light-read, right? :))

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...