Sunday 15 April 2012

[REVIEW] Aidoru no Sekai ni Yoroshiku


Judul : Aidoru no Sekai ni Yoroshiku (Bunga Sakura yang Mekar di Tokyo)
Penulis : Orihara Ran
Penerbit : DIVA Press (Anggota IKAPI)
Tahun : 2012
Halaman : 496
ISBN : 978-602-191-154-9

Berdoa kepada Tuhan, percaya pada diri sendiri, kalahkan, singkirkan, hancurkan, dan remukkan rintangan itu. Dan, yang terakhir, tersenyumlah menuju kemenangan!
-Kakek Sakurada (some pages)

Sakurada Mine adalah gadis mungil bertubuh pendek, berparas imut dan memiliki kulit seputih dan semulus kulit bayi. Sejak kecil, ia tinggal di desa yang mungkin tidak bisa ditemukan dalam peta bersama kakeknya, Sakurada Hiroshi. Desa itu dekat dengan Jepang, tapi tidak termasuk dalam wilayah Jepang. Semasa kecil, ia dididik oleh kakeknya tentang segala hal, terlebih pada ilmu bela diri. Sehingga, Sakurada Mine ditakuti karena sikapnya yang kelewat kasar, namun juga disayangi karena dia dasarnya memang teman yang baik, asyik, ceria, dan rendah hati. Satu hal yang aku tangkap mengenai Mine, dia juga awalnya adalah gadis yang tidak percaya diri, polos, dan kurang peka alias telmi terhadap perasaan orang di sekitarnya. Tapi, dia mempunyai intuisi tinggi dan gadis yang kuat.

Aku boleh saja menangis, tapi bukan berarti aku cengeng atau lemah. Ini hanya salah satu bentuk perasaan hati. Setelah menangis, kita harus lebih berani lagi menghadapi sesuatu.
-Kakek Sakurada (page 24)

Hari itu adalah ulang tahunnya yang ke-15, dan hari itu dia benar-benar menemukan hadiah ulang tahun yang tidak biasa. Dia sepenuhnya syok dan tidak habis pikir. Dia menemukan surat yang ternyata dari kakeknya yang pagi itu sudah menghilang entah kemana. Kakeknya hanya meninggalkan sepucuk surat yang menyuruh Mine untuk pergi ke Tokyo, menemui kakek dan nenek Fukuda. Membersihkan nama keluarga Sakurada. Dan kelak ketika ia sudah menjadi orang besar, kakeknya baru akan menemuinya. Mine rasa kakeknya keterlaluan. Tapi, akhirnya dia pergi juga ke Tokyo berbekal petunjuk dari surat itu.

Sebuah nama itu bukanlah kelemahan. Itu suatu yang berharga. Kurang ajar sekali kalau mengejek nama yang sudah susah-susah diberikan oleh orang tua kita. Apa pun nama yang diberikan mereka, menurutku, itu adalah harta berharga pertama yang didapat begitu kita lahir..
-Sakurada/Fukuda Mine (page 208)

Di Tokyo, tepatnya di kediaman Kakek-Nenek Fukuda, Mine dijelaskan akan maksud kakeknya yang tiba-tiba menyuruh Mine untuk pergi ke kediaman mereka. Awalnya, Kakek-Nenek itu menjelaskan tentang perihal orang tua Mine yang ternyata adalah artis legendaris. Mine seakan tak percaya dengan kenyataan itu. Ia anak aktor dan aktris terkenal? Yang benar saja!

Kakek-Nenek Fukuda kemudian menjelaskan maksud kakek Sakurada mengirimnya kesini. Mine harus membersihkan nama kedua orangtuanya! Dahulu, saat orangtuanya masih hidup, ada kabar tak mengenakkan tentang mereka bahwa mereka mengandung anak di luar nikah, yaitu Mine. Tentu saja publik yang heboh itu percaya dengan mudahnya akan berita tersebut. Apalagi ditambah dengan kedua agensi pasangan legendaris itu tidak menyetujui hubungan keduanya. Dan akhirnya, karena lelah dengan situasi demikian, pasangan legendaris yang saling mencintai, yang juga merupakan orangtua kandung Mine itu, mengasingkan diri ke desa yang pernah Mine tinggali.

Setelah Mine lahir, kedua orangtuanya hendak menampakkan diri di depan publik untuk menjelaskan kesalahpahaman yang terjadi dan memutuskan untuk hengkang dari dunia entertainment. Namun, sebelum mereka sempat mengeluarkan satu kata pun, mereka mengalami kecelakaan. Orangtua Mine meninggal, tapi Mine yang berhasil dipertahankan kedua orangtuanya masih hidup. Masih disini, mendengarkan penjelasan Kakek-Nenek Fukuda dengan wajah tegang.

Untuk membersihkan nama orangtuanya, ia harus menyamar sebagai Fukuda Mine. Tidak boleh menyebarkan identitas dirinya yang asli beserta kedua orangtuanya kepada publik, dan bersekolah di sekolah khusus artis yang paling bagus di Jepang, A Gakuen, dengan Kepala Sekolah yang nyentrik dan aneh.

Mine tidak tahu harus bagaimana setelah menerima perintah dari sang kakek. Dia pun mengikuti audisi masuk SMA A Gakuen tanpa persiapan apapun. Anehnya dia diterima secara khusus (harusnya, siswa yang diterima berjumlah 100 orang. Tapi Mine lulus dengan nomor urut 101 a.k.a diluluskan secara istimewa). Bahkan, masuk kelas A. Mine merasa itu tidak masuk akal karena setahunya, setiap siswa yang berhasil masuk kelas A adalah siswa yang sudah menjejakkan nama di dunia entertainmet sejak kecil dan memiliki kemampuan yang tidak usah dipertanyakan lagi. Bagaimana mungkin dia bisa lulus di SMA itu dan masuk kelas terbaik?

Jika aku mencintai seseorang, aku akan bisa melihat sisi terbaik yang dimilikinya. Aku dapat menerima semua kekurangan dan kelebihannya di saat bersamaan. Dan, kalau kami saling mencintai, berarti aku yakin kalau dia mencintaiku sebesar aku mencintainya. Cukup melihat matanya, aku pasti tahu perasaan cinta itu ada. Dan, kami.. adalah satu jiwa.
-Sakurada/Fukuda Mine (page 256)

Respon seluruh siswa SMA A Gakuen sama sekali bukan respon yang baik. Mine ditolak mentah-mentah. Dicaci-maki. Dipandang rendah dan jijik. Dan berbagai gosip yang tak enak didengar lainnya beredar disana-sini sejak hari pertama Mine di sekolah. Tapi, dua sejoli yang merupakan pangeran SMA itu, Yasufuku Hyugo dan Asaoka Ichi, menaruh perhatian lebih padanya karena mereka tertarik akan Mine yang lulus secara khusus di SMA yang superkeren itu. Mine sih tidak ambil pusing tentang orang-orang yang menjauhinya, dia malah kesal setengah mati karena dua orang itu terus-terusan mengganggunya. Ditambah lagi Kepala Sekolah nyentrik yang sudah memasukkan dia secara istimewa di sekolah itu. Kehidupan Mine yang nyaman dan damai di desa sudah jungkir balik dengan keadaanya sekarang.

Orang-orang yang bilang kalau pilih-pilih teman adalah hal buruk, menurutku itu ucapan nggak bertanggung jawab. Apa gunanya kita berteman dengan semua orang tapi nggak membawa dampak baik?
-Asaoka Ichi (page 332)

Bagaimana sikap Mine terhadap dunia entertainment yang sama sekali tidak pernah disentuh, apalagi dicicipnya? Bagaimana ia membersihkan nama baik kedua orangtuanya dengan keadaanya yang terpencil ini? Bersiaplah terkagum-kagum akan apa yang dilakukan si mungil yang cerdas ini. Kau akan membaca kisah yang tidak biasa. :)
***
One thing that I wanna say, this novel takes me to its atmosphere!!

At first, I didn't expect this novel could be that amazing. I feel like I'm in its world. Being one of the character. The nicest part is this novel worths moral lessons. And last.. I even think of some scenes of this novel not long after I read it..

Ini merupakan unusual story. Kita bisa dibuat untuk ikut memikirkan jawaban atas setiap teka-teki akan skenario yang akan dijalani Mine (mau tidak mau, dia disini belajar akting juga!) yang sama sekali bukan skenario yang mudah. Rasanya ingin membantunya menjawab pertanyaan sutradara mengesalkan yang perfeksionis.

Aku paling suka sosok Kakek Sakurada Hiroshi dan Kepala Sekolah yang super duper nyentrik itu. Tingkah mereka konyol sekali. Tapi menghibur! Maukan kalian berdua menjadi kakekku? Hahahaha. XD

Saat baru setengah membaca novel ini, aku sudah rela memberi 5 bintang sekaligus. Tapi sayangnya, penilaian itu harus turun setelah aku membaca hingga bagian akhir. Aku kecewa dengan bab terakhir yang terlalu singkat dan terkesan buru-buru. Seolah bagian akhir dipersempit! :( Padahal aku ingin lebih. Coba di bab terakhir konflik akan topik utamanya lebih di angkat lagi, pasti bakalan seru, sempurna dan menarik. Untuk sekarang, I just can give 4.5 stars! :)

6 comments:

  1. Great review. Dan pas baru baca Bab 1, Aku sudah bs ngerasain feel-nya.
    Penasaran deh, novel ini ada drama atau film-nya nggak sih?
    Kalo Aku kasih bintang 4.7 (maunya 5, tapi krn aku kecewa Mine nggak milih Ichi, jd dikurangin bintangnya. Subyektif bgt xoxo)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, karakternya kuat.
      Umm.. kayaknya nggak ada, baru terbit juga kan. Yah.. semoga aja ntar ada filmnya. Keren juga kalo dijadiin film.
      Hihihi suka sama Ichigo ya? :p

      Delete
    2. Mmm, iya s'moga aja ade yg mau ngejadiin film. pingin tau siapa gt yg cocok meranin si duo perfect hyogo-ichi 'n Kakek2 unik Hiroshi & Adison, pasti kocak hihihi. Iya, suka bgt sama si stroberi :p Hyogo juga sweet bgt sih, cm aku lbh suka sama yg cool ky Ichi xoxoxo

      Delete
  2. Kalo perfect bgt ga mungkin kayanya hahaha. :D
    Uwaaaa.. aku suka kedua kakek itu!!!
    *berdoa biar segera difilmkan!*

    ReplyDelete
  3. novel nie sang lucu dan mnyegarkan Z sja tak hnti2 tuk mmbacanya tpi sayang pas zya cri filmx hmm tenyata blom ad :(...
    ayooocchhh dong cpat di filmkan dah ga sbar niee
    jdi Z hx bri 4 jempol dechh dan Z sngat suka dengan 2 karakter cwokkk yg supeeeererrr kerennn i2 ichi dan hyogo
    hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buku ini ada kelanjutannya juga lho. Bokutachi No Unmei kalo nggak salah. Buku yang ini nyeritain Ichi. :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...