Friday 2 March 2012

[REVIEW] Oppa & I

Judul: Oppa & I
Seri: Oppa&I
Penulis: Orizuka & Lia Indra Andriana
Penerbit: Penerbit Haru
Tahun: Desember 2011
Halaman: 156
ISBN: 978-602-98325-3-2

Jae In:
'Oppa'.
Apa panggilan itu tidak terdengar lucu?
Terutama setelah kau pergi meninggalkanku begitu saja lima tahun lalu?
Sekarang saat bertemu lagi, apa yang membuat senyummu selebar itu?
Apa kau senang melihatku seperti ini?

Jae Kwon:
Jae In-a
Kau dulu menggemaskan, tetapi sekarang mengapa begini?
Siapa yang membuatmu susah, katakan pada Oppa!
Oppa tak akan membiarkan siapapun menyakitimu!
Oppa akan melindungimu!

Terkadang, sebesar apapun sebuah harapan,
kenyataan berkata lain. (page 41)
Aku pikir aku tidak membutuhkan orang lain.
Sepertinya aku salah. (page 105)

Sandy dan Jae Bin bercerai lima tahun lalu. Bercerai karena ego masing-masing. Sandy yang jual mahal. Jae Bin yang workaholic yang memang mahal. Perceraian mereka juga membuat kedua anak mereka berpisah. Sandy yang pergi ke Indonesia bersama Jae In. Dan Jae Bin yang menetap di Korea bersama Jae Kwon.

Saat ini, Sandy terkejut karena Jae Bin mengajaknya rujuk kembali. Ia senang setengah mati tapi tetap menjaga image-nya untuk tetap jual mahal.

Mereka akhirnya tinggal bersama lagi di Korea. Tapi bukan di sebuah rumah, melainkan mansion. Sandy terkejut melihat kediaman mantan suami yang telah menjadi suaminya itu lagi. Hidupnya dan Jae In terlunta-lunta di Indonesia, sedangkan Jae Bin dan Jae Kwon malah bersenang-senang dalam kemewahan di Korea. Meskipun demikian, itu tidak mengganggu Sandy. Yang penting saat ini dia bisa berkumpul dengan keluarganya lagi. Menyatukan Jae In dan Jae Kwon kembali, anak kembarnya.

Jae Kwon senang karena bisa bertemu dengan ibunya, apalagi Jae In. Tapi, ada yang aneh pada Jae In. Dari raut wajahnya, jelas sekali Jae In kesal dan marah. Bahkan, dia tidak mau memanggil Jae Kwon dengan sebutan 'Oppa'.

Jae Kwon heran. Adiknya telah berubah. Bahkan, di sekolah ia tak mau mengakui Jae Kwon sebagai saudara kembarnya. Jae In meminta Jae Kwon merahasiakan hubungan mereka pada teman-teman di sekolah, dengan imbalan Jae In tidak akan memberitahu siapa pun kalau Jae Kwon memiliki kebiasaan yang aneh, yang berkebalikan dengan sikap Jae Kwon di sekolah.
***
Pertama kali aku tahu novel ini terbit, aku langsung blingsatan lari ke Gramedia. Alasan aku membeli buku ini adalah karena dua novelis keren kita, mbak Ori dan mbak Lia, sama-sama menyusun novel ini. Aku langsung aja nge-judge kalau novel ini bakal luar biasa.

Novel yang berbicara tentang keluarga ini bisa jadi snack di sore hari. Ceritanya ringan. Saat membacanya pun aku tidak bisa berhenti. Pengen lagi, pengen lagi, dan pengen lagi. No typo. Novel ini juga ditemani bahasa Korea, yah.. memang harus demikian, kan? Cocok di koleksi untuk kalian yang mengklaim diri sebagai Korean-freak.

Cuman, aku nggak merasa ada konflik besar yang membuat emosi jungkir balik terus salto. Agak datar. Entah kenapa, biasanya membaca novel dua orang author ini selalu membuncah emosi. Sayang sekali, Infinitely Yours dan Khokkiri masih lebih baik, jadi, aku kasih 3 bintang aja ya mbak..

2 comments:

  1. aku nggak tertarik samasekali dg novel ini begitu baca sinopsisnya, nggak banget menurutku he:) tapi heran, kenapa fans novel ini banyak bgt ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin lagi pada kena korean-wave. ^^
      Aku sendiri kebelet baca buku ini karena yang nulisnya Orizuka sama Lia Indra aja mbak hehehe. :p

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...