Saturday 24 March 2012

[REVIEW] Bule Juga Manusia

Judul: Bule Juga Manusia
Penulis: Richard Miles
Penerbit: Bukune
Tahun: 2010
Halaman: 167
ISBN: 978-602-8066-80-8

"Indonesia memiliki arti yang sangat besar di kehidupan gue. Banyak dari sobat-sobat dan temen paling deket gue itu orang Indonesia, banyak dari kenangan gue yang paling asik dan lucu gue alami di Indonesia, dan beberapa makanan paling favorit gue di dunia itu makanan Indonesia. Biar gue cinta Indonesia, gue juga cinta Australia. Being Australian is who I am."

Richard Miles a.k.a Bule Ngehe (dia sendiri yang bilang) adalah bule dari Australia yang cinta Indonesia. Salah satu hal yang buat aku salut sama bule ini adalah.. dia mampu berbahasa Indonesia, apalagi bahasa gaulnya. Hebat ya, bisa lancar berbahasa Indonesia gitu. Aku sendiri udah dari jaman kapan belajar bahasa Inggris tetep aja masih belepotan. Ada satu hal lagi yang ngebuat aku iri, tinggi bule yang satu ini 198cm, lebih tinggi 43cm dari aku. Huaaaaa!! >,< (nggak penting banget, sumpah!)


Ini dia orangnya. Kali aja
kebetulan ketemu di jamban deket rumah. -__-
Di dalam buku ini, Bang Richard menyuguhkan berbagai pengalamannya saat liburan di Indonesia, dari pengalaman manis, pahit, asem juga. Dari naik kendaraan umum, makan di warung vs restoran, panti pijat, boker ala Indnesia, sampai konser band kesukaannya, Sheila On 7. Ada juga beberapa kesan teman-teman Indonesia-nya tentang dia. Mhihihi, berasa kenal lama aja sama si bule pas baca bab yang satu ini. :D

Selama membaca karya sang Bule Ngehe ini, aku senyum-senyum sendiri, bahkan di beberapa bab aku tertawa ngejeng sampai ingusan. Bener-bener cocok jadi bacaan saat stress, saat patah hati, saat melamun sendirian, saat ditinggal mama papa liburan, sesaat setelah ujian, bla bla bla...

Dari Bang Richard a.k.a bule tinggi yang ngebuat aku iri karena aku pendek, aku belajar banyak hal. Indonesia adalah negeri yang memiliki banyak budaya, memiliki banyak keunikan. Secara tidak langsung, menurutku, melalui buku ini Bang Richard berpesan agar kita lebih mencintai negeri sendiri daripada negeri orang lain. Meskipun rumput tetangga lebih hijau, rumput rumah sendiri pasti lebih fresh and nyaman, yahh.. walau nggak hijau-hijau banget.

Nah, kalau bule dari Australia saja bisa cinta Indonesia sedemikian rupa, kenapa kita nggak? We're Indonesian. We love Indonesia most! :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...