Sabtu, 28 Februari 2015

Opini Februari: "Karakter Tokoh Utama"

Sebelum Februari ceria benar-benar berakhir, aku akan menyempatkan dulu nulis opini bareng bulan ini. Tema opini bareng kali ini adalah salah satu unsur yang selalu aku masukkan di dalam review: Karakter Tokoh Utama. Selain gaya penulisan buku, (kadang-kadang) eksekusi masalah, dan keunikan buku (kalau ada), karakter tokoh utama merupakan salah satu target utama yang kupelototi. Kenapa? Karena menurutku karakter utama ini adalah media tidak langsung (eh, langsung apa tidak langsung ya?) yang digunakan pengarang untuk menyampaikan cerita, apalagi kalau pakai sudut pandang orang pertama. (Mungkin aja kan ya si pengarang menyampaikan kisah hidupnya tapi pakai tokoh rekaannya di buku? Mau dong aku kepo sedikit. Eheh.) :p

Baiklah.. sebelum postingan ini nantinya malah jadi postingan yang nggak nyambung sama judul, langsung saja aku kasih dua poin yang akan aku tulis di sini (udah sok keren belum?): what I search & what I usually found. Meskipun judulnya keren, jangan berpikir kalau penjelasan tentang dua poin tadi akan sama kerennya. Iya, anggap aja lah nama poin-poin tadi keren. Oke?

Rabu, 25 Februari 2015

Wishful Wednesday #47

a weekly meme by Books to Share

Yeay, happy third birthday, Wishful Wednesday! *peluk peri-penambah-timbunan* (?)

Yep, udah tiga tahun meme ini berperan dalam pembabatan wishlist dan penambah timbunan. Kalo ibarat bayi, pasti lagi nakal-nakal-ngegemesin ini! *sotoy* Untuk merayakannya, host tersayang kita, Mbak Astrid, ngadain giveaway. Pemenangnya bakal diambil tiga orang lho, guys! Yuk ah, semangaaat menambah wishlist dan berdoa semoga wishlist kali ini dikabulkan. :)))

Buku yang kuinginkan kali ini adalah dua buku kumpulan cerpen yang mungkin isinya berbanding terbalik. Yang satu tentang cinta sedangkan yang satu lagi bukan tentang cinta, karena.. lelahnya jatuh cinta di buku kumpulan cerpen yang pertama? Iya, gitu kali, ya. :/

Goodreads: here | PengenBuku: here
Goodreads: here | PengenBuku: here
Alasan aku pilih dua buku ini? *cengar-cengir*
Suka sama sampul dan judulnya yang unik. Kalau dibilang alasan personal nggak termasuk, maka aku berbohong. Sekian.

Mr. Random, pilih aku jadi pemenang dan kabulkan wishlist-ku ya! :')))

Nah, bagi yang pengin ikutan, rules-nya mudah kok!
  1. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)
  2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) atau segala hal yang berhubungan dengan kebutuhan bookish kalian, yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku/benda itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post Wishful Wednesday Mbak Astrid). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  4. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)

Senin, 23 Februari 2015

[REVIEW] Allegiant

"Orang selalu membentuk kelompok. Itulah faktanya. Aku hanya tidak menyangka kejadiannya akan secepat ini."
"Kelompok macam apa?"
"Yang ingin meninggalkan kota. Orang-orang ini menyebut diri mereka Allegiant—Setia."
(hal. 30)

Judul: Allegiant
Seri: Divergent #3
Penulis: Veronica Roth
Penerjemah: Nur Aini dan Indira Briantri Asni
Penerbit: Mizan Fantasi
Tahun: 2014
Halaman: 496
ISBN: 978-979-433-837-7
Harga: Rp65000,-
I rate it 4/5 stars


*this review contains spoiler of the previous book, Insurgent. But I'll try my best to not spoil the last book*

Video Edith Prior tentang dunia luar yang berhasil ditunjukkan Tris Prior membuat penduduk kota lagi-lagi terbagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama yang diketuai oleh Evelyn, ibu Tobias Eaton yang tadinya dikira mati, bersama para factionless yang memilih untuk bertahan di dalam kota, mengambil alih kekuasaan. Sedangkan kelompok kedua yang diketuai oleh Cara dan Johanna, diam-diam membentuk kelompok bernama Allegiant, kelompok yang setia mengikuti titah Edith Prior: mengumpulkan para Divergent lalu keluar dari dalam kota untuk melihat apa yang ada di luar Chicago.

Cara dan Johanna memilih orang-orang yang bisa diandalkan untuk kabur dari Chicago, yaitu Tris, Tobias Eaton, Tori WuChristina, Uriah, Peter, dan.. Caleb (ini pun karena permintaan ikhlas nggak ikhlasnya Tris). Cara memimpin mereka keluar perbatasan, sedangkan Johanna tetap tinggal untuk memantau Chicago.

Rabu, 18 Februari 2015

Wishful Wednesday #46

a weekly meme by Books to Share

Buku yang kuinginkan kali ini adalah salah satu buku yang lagi heboh berkeliaran di Goodreads. Judulnya menarik, sinopsisnya juga, kali aja buku ini bisa mengurangi kadar penakutku akan buku yang ada hantu-hantunya. (?) Salah satu historical fiction (yaelah si Linda gaya amat baca beginian), tapi juga termasuk fantasy, thriller juga. :| Itu genre-nya nyalin dari info di bukunya sih, tapi pas baca sinopsisnya ya bener juga tuh genre. Errr.. ini kenapa malah ngomongin genre?! :| Alasan pengen buku ini cuman satu: PENASARAN!

The Ghost Bride by Yangsze Choo
"Pada suatu malam, ayahku bertanya apakah aku mau menjadi pengantin arwah..." 
Li Lan, putri tunggal sebuah keluarga yang bangkrut, mendapat lamaran dari keluarga Lim yang kaya raya dan berkuasa. Namun, calon suaminya adalah lelaki yang telah meninggal secara misterius, dan pernikahan ini dilakukan untuk menenangkan arwah penasarannya. Mengerikan memang, tapi tidak ada jalan lain untuk menjamin masa depan Li Lan. 
Setelah kunjungannya ke mansion keluarga Lim, Li Lan mulai dihantui oleh calon suaminya dan dia tidak bisa lagi tidur tenang. Sedikit demi sedikit, Li Lan tertarik ke dunia arwah yang tidak hanya dihuni oleh para hantu lapar dan arwah pendendam, tapi juga para iblis penjaga berwujud banteng. Li Lan harus mengungkap rahasia kelam tentang keluarga Lim dan keluarganya sendiri, jika dia tidak mau terjebak di dunia arwah selamanya.

Yap! The Ghost Bride adalah wishlist-ku Rabu ini. Kalian? ^^

Bagi yang pengin ikutan, rules-nya mudah kok!
  1. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)
  2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) atau segala hal yang berhubungan dengan kebutuhan bookish kalian, yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku/benda itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post Wishful Wednesday Mbak Astrid). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  4. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)

Selasa, 17 Februari 2015

[Top Ten Tuesday] Ten Book Related Problems I Have


This Tuesday's topic is about problems we have which are related to books. Well.. I have some.. errr, I mean a lot problems while reading. Does buying books also included in this topic? If it is yes, then I have a looot.

SLOW PACE OF FIRST CHAPTERS
When I start reading book, I often take a lot of time, usually it is because of the slow pace of the first chapters. There are two options for this problem: continue reading or just leave it. I choose the second option the most lately. (One of the reason I have slow progress in reading.. ;_;)

"HEY, DO YOU KNOW BLAH BLAH .... ?!"
I hate being interrupted while reading! I can't remember how many times someone keep asking me about unimportant stuffs while I'm reading. Oh, please.. don't you see I'm reading now?! :'( This happened too last night: I was almost done reading Allegiant and that was the moment I started crying then my brother came and talked to me about the flavor of new mineral water he drank moment ago. I really want to punch his face with this book. Really!

CLIFFHANGER ENDING
You've just finished the first book in the series and it ends with cliffhanger ending and you can't do anything but wait for a thousand year for the next book. Cool!

BOOK HANGOVER
That feeling you got when you've just finished a book and it's already days but you still couldn't go anywhere but kept holding that book. Example: Dear Roth, I'm still shocked with the ending of Allegiant. *rewind, rewind, rewind*

Senin, 16 Februari 2015

[REVIEW] Higher Institute of Villainous Education

"... Di sini, kami ingin melihat kalian berkembang semaksimal mungkin, untuk melihat sifat jahat bawaan kalian berkembang, untuk menjadikan kalian seburuk yang memungkinkan." —Dr. Nero (hal. 19)

Judul: Higher Institute of Villainous Education
Seri: H.I.V.E. #1
Penulis: Mark Walden
Penerjemah: Layna Ariesianti
Penerbit: Mizan Fantasi
Tahun: 2014 (first published 2006)
Halaman: 394
ISBN: 978-979-433-713-4
Harga: Rp59000,-
I rate it 3.5/5 stars

Tahun ajaran baru di H.I.V.E.!
Itu artinya, murid-murid baru akan berdatangan dari berbagai tempat dalam kondisi tak sadarkan diri, iya kuulangi dalam kondisi tak sadarkan diri, untuk memulai pendidikan di H.I.V.E., sekolah untuk penjahat. Yeah, you read it right! Sekolah penjahat.

Mereka semua akan dibawa ke pulau dengan gunung berapi di tengahnya. Well.. sebenernya itu bukan gunung berapi, tapi seolah-olah gunung berapi. Sekolah itu terletak di dalam gunung, jadi dibutuhkan kamuflase juga ketidaksadaran murid-murid baru agar kerahasiaan H.I.V.E. tetap terjaga. Apakah mereka tahu kalau mereka akan bersekolah di tempat itu? Nggak! Mereka nggak pernah diberi tahu oleh orangtua mereka yang telah mensponsori anak-anak mereka sendiri untuk disekolahkan di H.I.V.E.. Lagi-lagi hal ini dilakukan untuk merahasiakan keberadaan H.I.V.E..

Otto Malpense adalah salah satu murid baru di H.I.V.E. tahun ini. Sejak pertama kali menginjakkan kaki di H.I.V.E., ia sudah mulai memperhatikan sekeliling sambil merencanakan upaya melarikan diri dari tempat itu. Temannya, Wing Fanchu, juga memikirkan hal sama. Penempatan tempat tinggal mereka berdua di kamar yang sama, membuat mereka cukup leluasa untuk menjalankan rencana.

Namun, kabur dari pulau ini tidak semudah yang mereka kira. Di tur mereka dengan lokasi H.I.V.E., mereka sudah diperkenalkan dengan H.I.V.E.mind, perangkat kecerdasan buatan yang menjadi mata H.I.V.E.. Selain itu, reaksi mereka berdua yang berbeda dengan anak-anak lain segera menarik perhatian Dr. Nero, kepala H.I.V.E.. Terutama Otto, karena dia disponsori oleh Number One—orang yang paling ditakuti Dr. Nero—, padahal Otto hanyalah anak panti biasa.

Kamis, 12 Februari 2015

Wrap-Up Post January 2015


READ BOOKS
Tidak banyak buku yang aku baca di bulan Januari, hanya dua buku: After Rain dan buku pertama dari serial H.I.V.E., Higher Institute of Villainous Education (yah.. sejujurnya aku mulai membaca di minggu-minggu akhir bulan Januari eheheh). Ripiu After Rain sudah ku-publish di sini. Kalau H.I.V.E. #1 sih ripiunya belum kubuat, masih dalam proses. Mungkin aja ada yang nunggu ripiunya, harap sabar.. :p

BOOK HAUL
Nope, aku nggak rakus belanja buku pas bulan Januari, soalnya sebagian uang jajan aku pake buat beli sweter, ditambah lagi bulan kemarin nggak dikasih uang jajan. *menundukkan kepala, sedih aku Bang!*

Sebenernya banyak banget buku yang mau HARUS dibeli. Saking banyaknya jadi bingung mau beli yang mana dulu. Diskonan di bukabuku waktu itu menjawab kegalauanku dengan adanya diskon kurang gede tapi lumayan The Casual Vacancy. Lalu aku malah sedih pas tahu kalau Mortal Instrument didiskon 50% tapi aku nggak bisa beli dan sekarang diskonnya udah kadaluarsa. Ikhlaskan dulu aja lah.. kalo diskonan buku itu jodohmu ya pasti bakal balik ke kamu, Lin. :') Siapa tahu juga nanti malah dapet yang lebih baik. *lah?*

CONCLUSION:
Jadi, bulan Januari si Linda ini baca dua buku (After Rain dan H.I.V.E. #1) dan mengadopsi satu buku (The Casual Vacancy). Sedangkan review? Baru bikin satu, itu pun baru buat di bulan Februari. Ya ndak pa-pa, yang penting dibuat. Better late than never rasanya masih sangat berlaku untukku (lah wrap-up post ini aja buatnya udah tanggal belasan!). :p

Beware bulan Februari belanja bukunya lumayan banyak! Lah, ndak pa-pa lho ya aku belanja banyak, kan tahun kemarin udah puasa beli buku! *alasanmu, Lin!* xD

HAPPY LANJUT READING!!!

Selasa, 10 Februari 2015

[REVIEW] After Rain

"Sekali lagi, coba jawab pertanyaan gue. Are you sure he's the one? Pernah nggak, sekali aja, lo minta dia memilih?" tanya Kean ragu. "Lo atau istrinya?" (hal. 6)

Judul: After Rain
Penulis: Anggun Prameswari
Penerbit: Gagas Media
Tahun: 2013
Halaman: 323
ISBN: 978-979-780-659-0
Harga: Rp46000,-
I rate it 4/5 stars

Seren dan Bara sudah lama menjadi pasangan. Namun, status mereka bukanlah "pasangan normal". Bara sudah beristri, bahkan sudah mempunyai satu anak perempuan. Bukan Seren yang merebut Bara dari istrinya, bukan pula Bara yang keganjenan mendekati perempuan lain setelah beristri. Seren dan Bara sudah berpacaran selama sepuluh tahun, lama sebelum Bara menikah dengan Anggi. Sayangnya, Bara malah menikahi perempuan yang dijodohkan oleh keluarganya itu, bukan mempertahankan Seren.

Meskipun Bara sudah menikah, Seren dan Bara tetap berhubungan secara diam-diam. Sahabat Seren, Kean, sudah berkali-kali menasihati juga menyindir Seren tentang hubungan mereka, namun Seren keras kepala. Sampai suatu hari Bara meminta untuk menghentikan hubungan mereka berdua...

Sanggupkah Seren berhenti mencintai Bara dan menemukan cinta yang memang benar-benar untuknya?

Senin, 09 Februari 2015

Lucky No. 15 Reading Challenge

Walau semua progress reading challenge-ku tahun kemarin menyedihkan, tahun ini aku tetep ikutan challenge dooong.. apalagi yang ini. Mengesampingkan rasa malu karena memang nggak punya malu tahun kemarin gagal, tahun ini aku ikutan lagi, kan kali aja berhasil. Tidak ada yang tak mungkin! Kalau manusia (dalam hal ini aku dan temen-temen juga huahaha) yang ikutan challenge ini nggak malas babat timbunan, pasti challenge ini bakal berhasil. Yakin deh! :p

Lucky No. 15 Reading Challenge
by Books to Share

Peraturannya kurang lebih sama seperti tahun kemarin. Kalau temen-temen sekalian ada yang belum tahun tentang challenge ini, silahkan mampir ke link host-nya yang udah kukasih di bawah gambar ya. #malesjelasin #biarinbiarinemangakupemales

Kalau tahun lalu ada 14 kategori yang harus diselesaikan, makan tahun ini ada 15 kategori yang bikin aku batal untuk nggak lanjut ikutan challenge ini. Berikut kategori dan buku-buku yang rencananya akan kubaca. Untuk progress challenge ini, udah aku sediain halaman sendiri (silahkan klik link di bawah header yang tulisannya Progress 2015, in case you wanna kepoin my progress yaaa). :p

  1. Chunky Brick: Grab that book with more than 500 pages that you’d always been afraid to tackle. You know you can do it! The Child Thief by Brom; Me Before You by Jojo Moyes
  2. Something New: Just purchased a book lately? Don’t let it buried in your stacks, read it now! Fight for Love by Orizuka; Four by Veronica Roth; The Casual Vacancy by J.K. Rowling
  3. Something Borrowed: Read a book that you borrowed from someone else. Don’t make the owner waiting forever for you to finish it. (Books borrowed from friends, libraries, or even rental places, are allowed). Confession of an Ugly Stepsister by Gregory Maguire
  4. It’s Been There Forever: Dig your TBR pile and read a book that has been there more than a year. It’s time for you to appreciate it. :) Delirium by Lauren Oliver
  5. Freebies Time: What’s the LAST free book you’ve got? Whether it’s from giveaway, a birthday gift or a surprise from someone special, don’t hold back any longer. Open the book and start reading it now. :D The Secret Life of Bees by Sue Monk Kidd; The Cuckoo's Calling by Robert Galbraith (dua-duanya hadiah ulang tahun ihihih :3)
  6. Bargain All The Way: Ever buying a book because it’s so cheap you don’t really care about the content? Now it’s time to open the book and find out whether it’s really worth your cents. Lips Touch by Laini Taylor
  7. Favorite Color: Pick a book from your shelf which has your favorite color for its cover! Is it pink, red or black? You decide. Bite-Sized Magic by Kathryn Littlewood
  8. First Initial: Read a book that has been written by an author whose first initial is the same with you (Example: My name is Astrid, and I can read anything written by Agatha Christie, Aesop, Arthur Conan Doyle, etc). Snow Flower and the Secret Fan by Lisa See
  9. Super Series: Read one (or more!) books that belong in a series, it can be trilogy, or tetralogy, or anything. Allegiant by Veronica Roth
  10. Opposites Attract: Read a book that’s been written by a writer whose gender is different from your own. Sweet Misfortune by Kevin Alan Milne
  11. Randomly Picked: Ask someone else (a friend, your spouse, even your kids!) to randomly pick a book from your TBR pile. Don’t complain whatever they choose for you, just read it :) PS. I Love You by Cecelia Ahern
  12. Cover Lust: Grab a book from your shelf that you bought because you fell in love with the cover. Is the content as good as the cover? The Wind Leading to Love by Ibuki Yuki; In A Blue Moon by Ilana Tan
  13. Who Are You Again?: You’ve never read a book from this author, maybe you haven’t even heard his/her name before. But who knows? Maybe he/she will become your new favorite author! CoupL(ov)e by Rhein Fathia
  14. One Word Only!: Read a book that only has one word for its title (number is allowed as long as it’s only consisted of one word, e.g: 1, 2, 11). Lolita by Vladimir Nabokov; Katarsis by Anastasia Aemilia
  15. Dream Destination: Read a book that has setting in a place you’ve never visited before – but would like to if you have a chance. Could be real places or even fictional! TBA

Happy reading, everyone! ^^
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...